Tips Cara Menjaga Keamanan Akun Sosial Media Online Dari Hacker

Posted by Adi 0 komentar
Perkembangan sosial media saat ini memang tidak bisa di pungkiri lagi, karna begitu sangat populer dan kian bertambah-tambah jumlah pengguna nya, sosial media memiliki popularitas tanpa tanding sekarang ini, contoh nya saja : Facebook, Twitter, Google+, Youtube, LinkedIn, Instagram, Pinterest dan Ngeblog menjadi bagian tak terpisahkan saat ini bagi pelaku bisnis online maupun bagi mereka yang biasa menggunakan internet dalam keseharian nya.
Tapi ada juga Orang-orang yang menyalah gunakan situs ini untuk melakukan hal-hal yang jahat dan tidak sebagaimana mesti nya. 
http://teopulsa.blogspot.com/2013/02/Cara-Menjaga-Keamanan-Akun-Sosial-Media-Online-Dari-Hacker-yang-Tidak-Bertanggung-Jawab.html

Sekarang pertanyaan adalah bagaimana melindungi identitas Anda dari penjahat online?

Social media merupakan media online tempat orang-orang bisa berpartisipasi dan saling berbagi secara online. Hal ini bisa dilakukan melalui web ataupun teknologi mobile dan bersifat interaktif.
Beberapa bentuk social media misalnya forum, blog, microblogging, wiki, podcast, video, social networking dan social bookmarking.

Berikut Beberapa Cara untuk mengamankan identitas Anda di Sosial Media adalah sebagai berikut:

1.Gunakan kombinasi yang sulit untuk password, 
yaitu kombinasi huruf besar, huruf kecil,angka dan karakter rumit contoh Password yang sulit di tebak : K3l1nC1(^_^)@kU3 
Mungkin anda akan bilang " Itu kan susah di hapal? ", ya memang susah di hapal dan saya sendiri sampai sekarang semua Password saya tidak ada satupun yang saya hapal, Lalu caranya bagaimana biar kita mudah menggunakan Password kita?,.. silahkan lanjut ke langkah ke 2


2.Jangan Pernah mengetik Password atau email Anda,.. 
Bingung lagi kan?Ini sambungan sari langkah pertama, maksudnya yakni : Anda tulis dan simpan semua Akun di Notepad, jadi setiap mau masuk ke akun Anda tinggal Copy dan Paste... Itulah kenapa saya tidak ingat Password dari semua akun saya karena terlalu rumit untuk di hapal.Pertanyaan lagi di benak anda " Bagaimana kalau saya buka akun saya di Warnet", jawaban tetap sama yakni jangan pernah ketik langsung email dan pass anda.Caranya yakni Anda simpan semua akun anda pada Flash disk, nanti saat mau buka akun anda tinggal colok FD dan buka file tempat anda simpan Pass tersebut.


3.Saat login, pilih https ketimbang http jika ada opsi untuk menggunakan https. 
Jangan klik link yang mencurigakan, bahkan dari teman sendiri yang tidak biasanya mengirim link. Jika ada yang mengirim pesan ke akun Anda, selalu selidiki permintaannya.


# Jika ada pilihan pemulihan keamanan yang biasanya meminta no handphone anda, segera gunakan fasilitas tersebut karena jika ada orang lain yang akan mencoba masuk akun anda pasti mereka di minta kode verifikasi yang langsung terkirim ke no Hp anda.
# Jika ada pilihan membuat pertanyaan bantuan untuk pemulihan akun saat lupa password, gunakan pertanyaan dan jawaban yang sulit ditebak orang lain.


4.Komputer Yang Tidak Terjamin Ke amanan nya.
Hindari akses website social media di komputer yang tidak terjamin keamanannya, apalagi di warnet yang reputasi dan sistem keamanannya kurang bagus.


5.Rahasiakan Identitas Anda
Sembunyikan identitas asli anda dari teman yang tidak begitu anda kenal terutama di Sosial media, karena masih ada hacker yang mencoba menggunakan metode ini.


6.Akun Dengan Email & Password Yang Sama.
Jangan pernah membuat akun dengan email dan pass yang sama untuk beberapa akun Social media AndaSupaya keamanan lebih terjamin lagi jangan lupa masukkan anti virus pada Flashdisk tempat menyimpan akun anda tadi, ini berguna untuk mengantisipasi serangan keyloger yang bisa menginfeksi FD tersebut.


Pertanyaan terakhir , " Apakah dengan cara-cara di atas akun anda dijamin 100 % aman? "
Jawabannya tidak, ini hanya menjamin 85% karena metode hacking terus berkembang, tapi setidaknya dengan cara diatas sudah cukup membantu dan menyulitkan peretas.

Social media seperti Facebook, Twitter, Youtube, atau blog bisa sangat bermanfaat. Namun selalu waspada, karena identitas dan profil Anda memang harus dilindungi. Hindari orang lain membajak akun Anda di social media yang akan mendatangkan kerugian besar bagi Anda.



 Semoga Informasi Ini Bermanfaat Bagi Anda ,

(sumber:kumpulan cara.com)
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tips Cara Menjaga Keamanan Akun Sosial Media Online Dari Hacker
Ditulis oleh Adi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://teopulsa.blogspot.com/2013/02/Cara-Menjaga-Keamanan-Akun-Sosial-Media-Online-Dari-Hacker-yang-Tidak-Bertanggung-Jawab.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
-Original design by Bamz | Copyright of Distributor Pulsa Elektrik.